google.com, pub-4813772568962337, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Persyaratan Menjadi Auditor

Ticker

10/random/ticker-posts

Header Ads Widget

Persyaratan Menjadi Auditor

Langkah Mudah Menjadi Auditor ISO
Badan Sertifikat ISO - Berikut kami informasikan beberapa Persyaratan Kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang auditor sistem manajemen , yaitu :

Pengetahuan praktis manajemen bisnis (Knowledge of business management practices)
Seorang auditor harus memiliki pengetahuan tentang jenis-jenis organisasi secara umum, ukuran, tata kelola, struktur organisasi, wilayah kerja, informasi / sistem data, sistem dokumentasi, dan teknologi informasi yang berlaku di organisasi, instansi atau perusahaan yang akan di audit..

Pengetahuan prinsip audit, praktis dan teknik (Knowledge of audit principles, practices and techniques)
Seorang auditor harus memiliki pengetahuan tentang prinsip sistem audit manajemen generik, teknik praktis, seperti yang ditetapkan dalam standar ini, sehingga cukup untuk melakukan audit sertifikasi dan untuk mengevaluasi proses audit internal.


Pengetahuan standar sistem manajemen / dokumen normatif tertentu (Knowledge of specific management system standards/normative documents)
Seorang auditor harus memiliki pengetahuan tentang standar sistem manajemen atau dokumen normatif lain yang ditetapkan, sehingga dapat menentukan apakah telah diterapkan secara efektif dan sesuai dengan persyaratan.

Pengetahuan proses badan sertifikasi (Knowledge of certification body’s processes)
Seorang auditor harus memiliki pengetahuan tentang proses sebuah lembaga sertifikasi, sehingga dapat melakukan , sehingga sesuai dengan prosedur dan proses lembaga sertifikasi.

Pengetahuan dari sektor bisnis klien (Knowledge of client’s business sector)
Seorang auditor harus memiliki pengetahuan tentang terminologi, pelaksanaan praktis dan proses umum untuk sektor bisnis klien, , sehingga dapat memahami harapan sektor dalam konteks standar sistem manajemen atau dokumen normatif lainnya.

CATATAN Sebuah sektor bisnis dipahami sebagai kegiatan ekonomi (mis aerospace, kimia, jasa keuangan).

Pengetahuan produk klien, proses dan organisasi (Knowledge of client products, processes and organization)
Seorang auditor harus memiliki pengetahuan terkait dengan jenis produk atau proses dari klien, sehingga dapat memahami bagaimana organisasi semacam itu dapat beroperasi, dan bagaimana organisasi dapat menerapkan persyaratan standar sistem manajemen atau dokumen normatif lainnya yang relevan.

Keterampilan Bahasa yang tepat untuk semua tingkatan dalam organisasi klien (Language skills appropriate to all levels within the client organization)
Seorang auditor harus mampu berkomunikasi secara efektif dengan orang-orang pada setiap tingkat organisasi menggunakan istilah yang tepat, ekspresi dan ucapan.

Pengambilan Catatan dan keterampilan menulis laporan (Note-taking and report-writing skills)
Seorang auditor harus mampu membaca dan menulis dengan kecepatan yang cukup, akurasi dan pemahaman sehingga dapat merekam, mencatat, dengan efektif serta mengkomunikasikan temuan audit dan kesimpulan

Keterampilan Presentasi (Presentation skills)
Seorang auditor harus mampu menyajikan temuan audit dan kesimpulan audit yang dapat dipahami dengan mudah. Untuk pemimpin tim atau lead auditor, mampu menyajikan temuan audit, kesimpulan, dan rekomendasi yang tepat dalam forum publik (misalnya rapat penutupan).



Keterampilan Wawancara (Interviewing skills)
Seorang auditor harus mampu melakukan wawancara untuk memperoleh informasi yang relevan dengan mengajukan pertanyaan terbuka, dirumuskan dengan baik dan mendengarkan untuk memahami dan mengevaluasi jawaban.

Keterampilan Audit manajemen (Audit-management skills)
Seorang auditor harus mampu melakukan dan mengelola audit untuk mencapai tujuan audit dalam jangka waktu yang disepakati. Untuk pemimpin tim / Lead Auditor, harus mampu memfasilitasi pertemuan untuk pertukaran informasi yang efektif dan mampu membuat tugas ( misalnya follow up temuan audit ) kepada auditee sesuai waktu yang ditentukan.

Itulah beberapa Persyaratan yang harus dikuasai untuk menjadi Auditor yang bisa kami informasikan, semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments